Jumat, 06 April 2012

Perlunya Dukungan dan Perubahan Mindset Terhadap Sistem Informasi



Sistem Informasi berkembang demikian pesat disegala aspek kehidupan, termasuk dalam mendukung proses pelayanan kepada masyarakat oleh Pemerintah. Banyak jenis Sistem Informasi yang sudah dilaksanakan seperti Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD), Sistem Pelaporan Keuangan (Simda) dan beberapa sistem Pengumpulan data statistik perikanan.

Beberapa tahun belakang bahkan Departemen Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya mengembangkan Sistem Informasi Geografis dengan melatih beberapa petugas operator di seluruh Provinsi dan memberikan bantuan komputer (sumber : http://syopian.net/blog). Apabila program ini berjalan dengan baik, tentunya akan sangat bermanfaat terhadap penyediaan data yang akurat, uptodate dan sangat informatif mengingat memuat informasi secara spasial. Sayangnya program ini banyak menemui kendala dalam pelaksanaan di daerah, mulai dari persoalan SDM, infrastruktur maupun ketersediaan data spasial yang dibutuhkan.

Persoalan ini ternyata masih menjadi masalah utama dalam penerapan berbagai model sistem informasi dalam mendukung kinerja pemerintah. oleh karena itu, perlu usaha keras seluruh stakeholders, perubahan mindset terhadap sistem informasi dan dukungan anggaran yang memadai demi penerapan sistem informasi yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar