Rabu, 05 Januari 2011

Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SI - ASET)





Salah satu permasalahan yang sangat serius yang harus ditangani saat ini adalah masalah penataan dan pengelolaan barang daerah, yaitu bagaimana agar dapat didayagunakan secara optimal, serta dalam proses dan sistim pengakuan dan pencatatan harta kekayaan di daerah. Kenyataannya, barang daerah banyak yang pemanfaatannya belum optimal, karena ketidakjelasan siapa yang bertanggung jawab terhadap Barang Daerah tersebut. Selain pemanfaatan yang belum optimal, pengelolaan yang buruk terhadap barang-barang daerah akan memunculkan banyak masalah diantaranya yang paling sering terjadi ialah kehilanggan asset.

Masalah penataan sistem informasi barang daerah menjadi problema tersendiri, khusunya apabila dilakukan secara konvensional, besar kemungkinan terjadinya kesalahan dalam proses pelaporan. Penanganan yang tidak tepat akan mengakibatkan kerugian besar bagi pemerintah daerah setempat.

Peranan Teknologi informasi merupakan solusi agar tercipta suatu sistem pengolahan barang daerah yang efisien dan efektif dan dapat meningkatkan utilisasi aset daerah.

V@l.idFA merupakan software yang dirancang mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut yang berbasis komputerisasi, program Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (Simbada) merupakan aplikasi untuk pengelolaan inventory yang meliputi fungsi perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan dan inventaris. Sistem ini memberikan banyak kemudahan dibandingkan sistem manual seperti memudahkan pembuatan laporan rutin data persediaan ,Memudahkan pelacakan bukti proses persediaan, Mampu menyajikan data sebagai bahan dalam pembuatan perencaan dan penganggaran, dan sebagainya. Perangkat lunak ini, selain sangat mudah dipelajari juga bersifat kustomisasi yang berarti dapat disesuaikan dengan permintaan pemakai dan kebutuhan Pemerintah Kota/Daerah.

Disadur dari : www.usadi.co.id

1 komentar:

selamat siang saya Budi dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Bogor-Jawa Barat, mohon ijin dalam waktu dekat akan melakukan perjalanan study banding ke Kantor Bagian Aset Barang Daerah, mohon info di balas ke busokur@yahoo.com
terima kasih

Posting Komentar